Saturday, September 10, 2011

3 Kaleng Kola

Bagus nih. Semoga bermanfaat.




Cerita mengenai 3 kaleng coca cola ini saya dapat dari bukunya Merry
Riana, A Gift From Friend, maknanya sangat bagus mengenai nilai dari
sebuah barang yang sama yang disuguhkan atau diletakkan di tempat yang
berbeda:

Ada 3 kaleng coca cola, ketiga kaleng tersebut di produksi di pabrik yang sama.

Ketika
tiba hari distribusi, sebuah truk datang ke pabrik, mengangkut kaleng
kaleng coca cola dan menuju ke tempat yang berbeda untuk
pendistribusian.

Pemberhentian pertama adalah supermarket lokal.
Kaleng Coca cola pertama diturunkan disini. Kaleng itu dipajang di rak
bersama dengan banyak kaleng coca cola lain nya dan diberi harga Rp.
4000.

Pemberhentian kedua adalah pusat perbelanjaan besar.
Disana, kaleng kedua diturunkan. Kaleng tersebut ditempatkan dalam
kulkas supaya dingin dan dijual dengan harga Rp. 7500.

Pemberhentian
terakhir adalah hotel bintang 5 yang sangat mewah. Kaleng coca cola
ketiga diturunkan disana. Kaleng ini tidak ditempatkan di rak atau di
dalam kulkas. Kaleng ini hanya akan dikeluarkan jika ada pesanan dari
pelanggan. Dan ketika dikeluarkan, kaleng ini dikeluarkan bersama
dengan gelas kristal berisi es batu.

Semua disajikan diatas baki
dan pelayan hotel akan membuka kaleng coca cola itu, menuangkan nya
kedalam gelas dan dengan sopan menyajikan ke pelanggan. Harganya Rp.
60.000.

Sekarang, pertanyaan nya adalah: kenapa ketiga kaleng
tersebut memiliki harga yang berbeda padahal diproduksi di pabrik yang
sama, diantar dengan truk yang sama bahkan mereka memiliki rasa yang
sama?

Itu karena lingkungan anda mencerminkan harga anda. Di
lingkungan yang tepat harga sebuah kaleng coca cola yang sama dapat
dihargai dua kali atau bahkan sepuluh kali lipat dari kaleng coca cola
yang lain.

Bagaimana dengan Lingkungan anda? sudahkah anda
memilih untuk berada di linkungan yang tepat, sehingga label harga anda
juga akan meningkat dua kali, tiga kali atau bahkan puluhan kali lipat.

Apa yang dimaksudkan dengan lingkungan yang tepat? Yaitu dengan
siapa anda bergaul, buku seperti apa yang anda baca, seminar seperti
apa yang anda hadiri.

Tidak heran salah seorang pembicara
terkenal mengatakan: " 5 tahun dari sekarang anda adalah buku yang anda
baca dan orang yang anda ajak bergaul. "

Wow… then kita bisa
dong secara sengaja memilih nilai diri kita supaya meningkat dengan
secara sengaja memilih lingkungan dan apa yang masuk ke dalam diri
kita? Dengan secara selektif memilih buku yang kita baca, film yang
kita tonton, musik yang kita dengar, dan teman teman dimana kita
bergaul setiap harinya.

Pilihlah dengan selektif, karena itu akan menentukan label harga anda 5 tahun dari sekarang, atau bahkan kurang.

Sumber: http://satria248.multiply.com/journa.../3_Kaleng_Cola

No comments:

Post a Comment